Rabu, 14 Agustus 2013

Situasi Saat Ini Masjid Al-Aqsho

Situasi saat ini Masjid Al-Aqsho

Paket Umroh Akhir Tahun 2014 Travel Baitussalam

Administrasi Masjid Al-Aqsho

Kementerian Wakaf Yordania memegang kontrol atas Masjid Al-Aqsa hingga Perang Enam Hari tahun 1967. Setelah memenangkan perang, Israel menyerahkan kekuasaan masjid dan Bukit Bait Suci kepada lembaga wakaf Islam yang independen dari pemerintahan Israel. Namun, Angkatan Pertahanan Israel diperbolehkan berpatroli dan melakukan pencarian di wilayah masjid. Setelah pembakaran tahun 1969, lembaga wakaf tersebut mempekerjakan arsitek, teknisi, dan pengrajin dalam sebuah komite untuk melakukan perawatan. Untuk mengimbangi berbagai kebijakan Israel dan semakin meningkatnya kehadiran pasukan keamanan Israel di sekitar lokasi ini sejak Intifadah Al-Aqsa, Gerakan Islam bekerjasama dengan lembaga wakaf telah berusaha untuk meningkatkan kendali Muslim di dalam lingkungan Al-Haram Asy-Syarif. Beberapa kegiatannya termasuk memperbarui dan merenovasi kembali bangunan-bangunan yang terbengkalai.

Saat ini, imam utama dan pengurus Masjid Al-Aqsa adalah Muhammad Ahmad Hussein. Ia diangkat menjadi Mufti Besar Yerusalem pada tahun 2006 oleh Presiden Palestina Mahmud Abbas. Imam-imam lainnya termasuk Syekh Yusuf Abu Sneina, Mufti Palestina sebelumnya Syekh Ikrimah Sa'id Sabri, serta mantan Imam Al-Aqsa Syekh Muhammad Abu Shusha yang sekarang tinggal di Amman, Yordania.

Kepemilikan Masjid Al-Aqsa merupakan salah satu isu dalam konflik Israel-Palestina. Israel mengklaim kekekuasaan atas masjid tersebut dan juga seluruh Bukit Bait Suci, tetapi Palestina memegang perwalian secara tak resmi melalui lembaga wakaf. Selama negosiasi di Pertemuan Camp David 2000, Palestina meminta kepemilikan penuh masjid ini serta situs-situs suci Islam lainnya yang berada di Yerusalem Timur.

Akses Masjid Al-Aqsho


Papan keterangan dalam bahasa Ibrani dan Inggris di luar Bait Suci menampilkan larangan menurut Taurat untuk memasuki area ini.
Sementara semua warganegara Israel yang muslim diperbolehkan untuk masuk dan beribadah di Masjid Al-Aqsa, Israel pada waktu-waktu tertentu menetapkan pembatasan ketat akses masuk ke masjid untuk orang Yahudi, muslim Palestina yang tinggal di Tepi Barat atau Jalur Gaza, atau pembatasan berdasarkan usia untuk warga Palestina dan warganegara Israel keturunan Arab, seperti memberi izin masuk hanya untuk pria yang telah menikah dan setidaknya berusia 40 atau 50 tahun. Wanita Arab kadang-kadang juga dibatasi sehubungan dengan status perkawinan dan usia mereka. Alasan Israel untuk pembatasan tersebut adalah bahwa pria Palestina yang berusia tua dan telah menikah cenderung "tidak menyebabkan masalah", yaitu bahwa secara keamanan mereka lebih tidak beresiko.

Banyak rabbi, termasuk para ketua rabbi Israel sejak tahun 1967, telah memutuskan bahwa orang Yahudi tidak boleh berjalan di Bukit Bait Suci karena terdapat kemungkinan mereka menginjak Kodesh Hakodashim, yaitu lokasi yang dianggap tersuci oleh orang Yahudi. Pembatasan dari pemerintah Israel hanya melarang dilakukannya doa Yahudi di Bukit Bait Suci, tetapi tetap mengizinkan orang Yahudi maupun non-Muslim lainnya untuk berkunjung pada berjam-jam tertentu selama hari-hari tertentu dalam seminggu. Beberapa rabbi dan para pemimpin Zionis telah mengajukan tuntutan agar orang-orang Yahudi diperbolehkan untuk berdoa di tempat itu pada hari-hari raya Yahudi. Meskipun Mahkamah Agung Israel telah mendukung hak berdoa perorangan (bukan secara berkelompok), namun dalam prakteknya polisi Israel melarang orang Yahudi untuk berdoa "secara terang-terangan dalam bentuk apapun juga di Bukit Bait Suci, meskipun bila hanya menggerak-gerakkan bibirnya saja ketika berdoa".

Intifadah Al-Aqsa

Pada tanggal 28 September 2000, Ariel Sharon dan para anggota Partai Likud beserta 1.000 orang penjaga bersenjata, melakukan kunjungan ke kompleks Al-Aqsa. Hal ini membuat sekelompok besar orang Palestina datang untuk memprotes kunjungan tersebut. Setelah Sharon dan para anggota Partai Likud meninggalkan lokasi, demonstrasi meletus menjadi kerusuhan dan sekelompok orang Palestina yang berada di Al-Haram Asy-Syarif mulai melemparkan batu dan benda-benda lainnya kepada polisi anti huru hara Israel. Polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet kepada kerumunan demonstran, sehingga melukai 24 orang. Kunjungan tersebut memicu gerakan perlawanan rakyat Palestina selama lima tahun, yang biasa disebut sebagai Intifadah Al-Aqsa. Pada tanggal 29 September, pemerintah Israel mengerahkan 2.000 polisi anti huru hara ke masjid ini. Sekelompok orang Palestina yang meninggalkan masjid setelah salat Jumat mulai melempari polisi dengan batu. Polisi kemudian menyerbu kompleks masjid serta menembakkan baik peluru tajam maupun peluru karet kepada kelompok Palestina tersebut, sehingga jatuh korban empat orang tewas dan sekitar 200 orang lainnya luka-luka.

Penggalian Masjid Al-Aqsho

Beberapa penggalian di wilayah Masjid Al-Aqsa terjadi sepanjang tahun 1970-an. Tahun 1970, pemerintah Israel memulai penggalian intensif langsung di bawah masjid pada sisi selatan dan baratnya. Pada tahun 1977, penggalian berlanjut dan sebuah terowongan besar dibuka di bawah ruangan ibadah wanita, serta sebuah terowongan baru digali di bawah masjid, mengarah dari timur ke barat pada tahun 1979. Selain itu, Departemen Arkeologi yang berada di bawah Kementerian Agama Israel, juga menggali sebuah terowongan di dekat sisi barat masjid pada tahun 1984.

Pada bulan Februari 2007, Departemen tersebut memulai situs penggalian untuk mencari peninggalan arkeologi di sebuah lokasi di mana pemerintah ingin membangun kembali sebuah jembatan penyeberangan yang runtuh. Situs ini berjarak 60 meter dari masjid. Penggalian memicu kemarahan di banyak negara dunia Islam, dan Israel dituduh telah mencoba menghancurkan pondasi masjid. Ismail Haniya, saat itu Perdana Menteri Otoritas Nasional Palestina dan pemimpin Hamas, menyerukan Palestina untuk bersatu dalam menentang penggalian, sedangkan Fatah menyatakan bahwa mereka akan mengakhiri gencatan senjata mereka dengan Israel. Israel membantah semua tuduhan tersebut, dan menyebutnya sebagai hal yang "menggelikan".

Baca juga artikel menarik lainnya: Konstruksi Masjid Al-Aqsho

Sponsor:
Paket Umroh Murah 2016 Travel Al-Hijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Desember 2016 Travel Al-Hijaz Indowisata
Harga Paket Umroh Awal Tahun 2017 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Promo 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Promo Bulan Februari 2017 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Februari 2017 di Jakarta
Paket Umroh Bulan Maret 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan April 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Keluarga Travel Alhijaz Indowisata yang Asik
Paket Umroh Murah 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Murah Promo 2016 Travel Alhijaz
Paket Umroh Bulan Mei 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Awal Ramadhan 2016 Travel Alhijaz
Paket Umroh Akhir Ramadhan 2016 Travel Alhijaz
Paket Umroh Bulan Ramadhan 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Akhir Tahun 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Murah Awal Tahun 2017 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Januari 2017 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Februari 2017 Travel Alhijaz Indowisata

Paket Umroh Awal Tahun Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Murah Awal Tahun 2017 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Januari Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Bulan Januari 2017 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Februari Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Bulan Februari 2017 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Maret Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Bulan Maret 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Maret 2017 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan April Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Bulan April 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Mei Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Bulan Mei 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Juni Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Bulan Ramadhan Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Bulan Ramadhan 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Awal Bulan Ramadhan 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Akhir Bulan Ramadhan 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Bulan Desember Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Bulan Desember 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Akhir Tahun Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Murah Akhir Tahun 2016 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Murah Akhir Tahun 2017 Travel Alhijaz Indowisata
Paket Umroh Plus Turki Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Plus Aqsho Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Plus Dubai Murah Promo Resmi Terpercaya
Paket Umroh Plus Cairo Murah Promo Resmi Terpercaya

0 komentar:

Posting Komentar